Bintang T Coronae Borealis Bersinar Kembali setelah 78 Tahun Meredup

LONDON – Sistem bintang yang berjarak 3.000 tahun cahaya akan terlihat untuk pertama kalinya sejak terakhir kali terlihat pada tahun 1946. Sistem bintang ini akan terlihat mulai akhir bulan ini hingga September 2024.

Sistem bintang tersebut diberi nama T Coronae Borealis atau dikenal juga dengan T CrB, lapor majalah Sky At Night Selasa (19/3/2024). Dalam kejadian langka ini, ia akan bersinar 5 kali lebih terang dari sebelumnya.

Read More

T Coronae Borealis akan bersinar sebagai ‘nova’, bahasa Latin untuk ‘bintang baru’. Disebut demikian karena menggambarkan bagaimana sebuah bintang yang sebelumnya gelap tiba-tiba muncul di langit.

Dari segi ukuran, semakin besar angkanya maka semakin lemah benda tersebut. T Coronae Borealis melonjak 2 magnitudo pada peristiwa baru tersebut, sehingga kecerahannya sama dengan Bintang Utara Polaris yang dapat terlihat selama beberapa hari.

T Corona Borealis akan muncul sebagai lingkaran kecil di dekat bintang Bo├Âtes dan Hercules. Botes dapat ditemukan dengan mengikuti lengan ‘Bajak’ menjauhi asterisme untuk menemukan bentuk bintang Bajak di langit, dan Anda akan sampai di Botes.

T Corona Borealis juga mudah dipahami dengan menggunakan ilmu astronomi dan bintang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *