Pemerintah Gencar Dongkrak Produksi Migas dalam Negeri

NETIZENNOW.COM, JAKARTA — Pemerintah terus menggencarkan upaya peningkatan produksi minyak dan gas dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan nasional yang terus meningkat.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (24/1/2024) mengatakan berbagai cara seperti oil recovery (EOR), banjir, dan kimia terus digalakkan untuk meningkatkan produksi minyak dan gas. .

Read More

“Pada triwulan I tahun 2024, pemerintah menyiapkan program dan strategi khusus. Program tersebut sudah ada dan harus dilaksanakan,” ujarnya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Geng mengungkapkan, dua penemuan cadangan gas terbesar sebesar 5 triliun kaki kubik (TCF) di Utara, Ganal dan Andaman Selatan, 6 TCF, memberikan harapan baru.

Menurut data WoodMackenzie, Rystad Energy dan S&P Global, potensi penemuan gas merupakan salah satu dari 5 penemuan teratas tahun 2023. Ini merupakan rekor baru Indonesia dalam menemukan sumber daya migas dalam 23 tahun terakhir setelah ladang Abadi. , Misalnya.

“Kami yakin pada tahun 2030 kita bisa mencapai produksi dan harus kita manfaatkan,” kata Menteri Arifin.

Tutuka Ariadzi, Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, mengatakan migas masih menjadi sumber energi utama yang memberikan kontribusi besar bagi negara.

Pada tahun 2023, pendapatan pemerintah melalui Badan Layanan Umum (BLU) Migas meningkat sebesar Rp 230,4 miliar, yang merupakan angka tertinggi dalam 14 tahun terakhir. Sedangkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp 117 triliun atau 113 persen dari target.

Volume investasi migas juga meningkat 12 persen atau US$15,6 miliar, dengan rincian hulu US$13,72 miliar dan hilir US$1,88 miliar.

Pada tahun 2024, Satuan Tugas Pelaksana Kegiatan Usaha Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menetapkan investasi sebesar USD 17,7 miliar.

“Kami sangat optimis dunia akan tertarik dengan Indonesia (migas),” kata CEO SKK Migas Dwi Sotgypto.

Setelah itu, laju penurunan produksi minyak melambat menjadi 1,2 persen, atau lebih baik dibandingkan tujuh tahun sebelumnya yang berkisar 3-7 persen.

Dengan biaya investasi sebesar US$4,83 miliar, pengoperasian kilang LNG Tangguh 3 mampu menambah total produksi Tangguh LNG sebesar 11,4 juta ton atau 35 persen dari total produksi gas nasional. Situasi ini menyebabkan peningkatan emisi gas sebesar 2,2 persen.

Pengoperasian Lapangan Jambaran Tiung Biru, MAC-HCML, Lapangan Belinda North East dan Bronong-Medco E&P Natuna Limited juga akan didukung, kata Dwi.

Tutuka melanjutkan, pemerintah telah berhasil melelang 10 wilayah kerja (WK) pada tahun 2023 untuk mengoptimalkan operasional hulu. 178,6 juta. Pemberian dana sebesar dolar AS tersebut diperoleh dari komitmen pasti 13 pihak yang menandatangani PSC.

13 CA Lepas Pantai Aceh Barat Laut (Meulaboh), Lepas Pantai Aceh Barat Daya (Singkli), Kampar Barat, Jabung Tengah, Birun Sigli, Beluga, Natuna Timur, Paus, Peri Mahakam, Akiya, Bengara I, Bunga dan Sankar.

Selain itu, dengan mempertimbangkan tingginya risiko sektor migas, skema segmentasi makro telah disempurnakan. Kontraktor koperasi minyak dan gas (OGC) berbagi keuntungan lebih banyak (split).

“Semakin tinggi risikonya, maka pembagiannya semakin besar. 80 (persen) minyak, 50 (persen) kontraktor, 50 (persen) pemerintah,” jelas Tutuka.

Pemerintah juga membuka kemungkinan perubahan status kontrak CCS dari distribusi grosir menjadi menutup biaya PSC.

Pada dasarnya, pilihan terbaik untuk mengadopsi skema kontrak adalah dengan memberikan kebebasan. Penerapan ini dilakukan karena banyak lapangan migas yang menawarkan pemisahan penuh (100 persen) tidak ekonomis.

Payung regulasi juga sedang disiapkan sehingga parameter sanksi terhadap departemen tersebut akan berkurang secara signifikan.

“Kami berharap bisa mengeluarkan peraturan baru dari Kementerian ESDM pada bulan ini (Januari) atau bulan depan tentang segregasi makro,” kata Tutuka.

Capaian lain di industri hulu migas pada tahun 2023 antara lain pengeboran 38 sumur eksplorasi Tajik, pengoperasian 799 sumur, 54 persen sumur berhasil, peningkatan nilai investasi sebesar 0,9 miliar, kata DV. USD, eksplorasi laut dalam yang agresif, penemuan ikan besar.

Langkah-langkah ini memungkinkan rasio penggantian cadangan (RRR) mencapai 123,5 persen pada tahun 2023.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *