Salurkan BLT Puso, Jokowi Minta Petani Segera Tanam Kembali

NETIZENNOW.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (13/12/2023) mulai menyalurkan bantuan langsung (BLT) kepada beberapa penerima manfaat di kantor Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah (13) /12 /2023). Jokowi mengatakan, bantuan tersebut diberikan agar petani yang terkena suap bisa cepat menanam.

Agar peremajaan segera dilakukan, sebagian biaya produksi ditanggung pemerintah, kata Jokowi dalam pidatonya.

Read More

Bantuan sebesar 8 juta dram per hektar diberikan kepada petani yang sawahnya terdampak banjir tahun lalu. Kata Jokowi, dukungan diberikan untuk mendorong para petani agar kembali bercocok tanam saat musim hujan mulai turun.

“Begitu uang masuk ke bank, langsung ditanam,” lanjutnya.

Selain itu, penanaman juga disebabkan oleh harga benih yang saat ini jauh lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Sehingga petani bisa memperoleh keuntungan.

“Tahun lalu harga gandum hanya 4200-4300 dram ya?” Sekarang: 7300 madram. Apakah ada sesuatu untuk 7800 dram, apakah benar? “Pertumbuhannya banyak, makanya akan segera kembali,” ujarnya.

Jokowi mengatakan produksi beras dan padi di Tanah Air akhir-akhir ini juga mengalami penurunan akibat perubahan iklim dan gelombang panas yang berkepanjangan. Oleh karena itu, dia menekankan kepada para petani agar mereka menanam saat menerima BLT Puso.

“Jadi langsung ditanam 16.000 hektare. Pertama, selama ada air, kedua, selama puso kemarin bersinar, ketiga, selama harga gandum tinggi, Anda akan sangat senang, kata Jokowi.

Sekadar informasi, BLT Puso di Jawa Tengah nantinya akan diberikan kepada enam ribu petani dengan luas 16.000 hektare.

Presiden juga didampingi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Effendi, Menteri Pertanian Andi Amran Suleiman, Panglima TNI Agus Subyanto, Direktur Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana dan Bupati Pekalongan Farida Arafiq.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *